Rabu, 29 Agustus 2018

Penyusunan Literature Review


Penyusunan Literature Review
Dr. Jamari (95 indeks scopus)
Dekanat Teknik UNDIP, 29 Agustus 2018

Agar produktif Mhs yang mau lulus harus masuk Q1, Q2, Q3 dan 3 prosiding. Total football, semua Tim bekerja, mahasiswa dan dosen pembimbing. Makanya produktif. Di Belanda Doktor harus sesuatu,buat apa hanya sekedar sertifikat. 1 tahun menentukan novelty sudah bagus.
Literature review ibarat berenang tidak tahu tujuannya kemana. Fungsi pembimbing mengatasi ketika berenang. Dimulai dari navigasi, fisik, pada arah yang tepat. Yang tahu adalah pembimbing. Kalau tidak maka tenggelam ataupun capai tanpa hasil. LR sudah gabung di Introduksi.

Pencarian Jurnal:
http://Schimagojr.com : menentukan di Quartil mana 1 bagus 4 jelek.
Sciencedirect (elsevier) : tempat artikel mahal.
Springerlink (Springer) :
Scopus : milik elsevier tapi hanya pengindeks. Semua publisher keluar.
 
Tim PAK Dikti masih pakai Q tertinggi meskipun muncul di Q 2,3,4. Impact Faktor : … Tips : usahakan di Q1, 2. Q3,4 kurang jelas kualifikasinya. Draft dengan referensi Q1 dan 2 maka reviewer sudah senang. LR tidak boleh yang sama persis, karena berarti sudah selesai.
S3 jurnal. Untuk paper 10 sd 15 tidak perlu fokus di mendeley.

Struktur artikel :
Lebar – sempit – lebar. Pada saat pembahasan keterlibatan pembimbing harus maksimal. Introduksi : sedikit tapi lama karena ada literature review. Paling berat, shg bola-bali refreshing J
First : our literature
Second: other lit
Third : The need for more investigation : gap, novelty.
LEARNING by DOING untuk mencari lubang. Dari tensis yang digunakan tersirat penemuan diakui atau tidak. Kalau diakui present tense, kalau tidak past tense.
 
Citate by Approach – Ordered from distant to close – Ordered Chronologically. Cara mengumpulkan paper: diprint, dikumpulkan per topik. Jangan terlalu spesifik dulu, yang general. Baca 1 dan pelajari, simpulkan. Cari yang mirip dan kumpulkan. Baru menentukan mau ambil yang mana.
Paling enak diurutkan tahun saja. Modifikasi selalu save as. Jangan di 1 komputer. Kirim ke email dsb. Sama persis tapi pakai alat A boleh pake Alat yang berbeda. .
 


BIBLIOMETRI dengan VOSTVIEWER
x
Mendapatkan metadata dari scopus.com
Login scopus : masukkan kata kunci
Centang All – csv export – cek csv – klik semua (atau yang dipilih saja) – klik export
Buka Vostviewer - Create - Scopus - cari file csv - parameter2 - Ok.
Maka akan tampil jurnal-jurnal yang saling berhubungan dalam warna yang sesuai. Jika di klik bisa masuk ke Scopus. Untuk mengetahui jurnal-jurnal yang sejenis dengan kata kunci yang kita masukkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar