Minggu, 10 Desember 2017

Seminar Hasil Penelitian

Pada hari Kamis, tanggal 7 Desember 2017 dilaksanakan kegiatan Seminar Hasil Penelitian bagi dosen Peraih Hibah Penelitian dari DIKTI. Dalam hal ini penelitian saya atas nama Bu Herlina dan Pak Furqon Hakim mendapat apresiasi karena merupakan salah satu topik penelitian yang diharapkan oleh Kemenristekdikti yaitu bahan terbarukan. Berikut ini abstrak penelitian tersebut :



KAJIAN VARIASI FRAKSI VOLUME SABUT KELAPA TERHADAP
SIFAT MEKANIK KOMPOSIT SABUT KELAPA-LIMBAH PLASTIK
SEBAGAI BAHAN CORE RAMAH LINGKUNGAN

Herlina Susilawati1, M. Furqon Hakim2 , Nasyiin Faqih 3
1, Sfaf Pengajar, Program Studi Teknik Sipil,
2, Sfaf Pengajar, Program Studi Teknik Mesin,
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ), WONOSOBO
Jl.Raya Kalibeber KM.03,Wonosobo-Jawa Tengah
E-mail: herlinasusilawati@yahoo.co.id, furqonh72@yahoo.com, faqihn@gmail.com

Karakteristik material komposit mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis bahan lain yaitu  ringan, kuat, tidak terpengaruh korosi dan mampu bersaing dengan logam, dengan tidak kehilangan karakteristik dan kekuatan mekanisnya.

Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh fraksi volume sabut kelapa terhadap ketangguhan impak komposit sabut kelapa-limbah plastik sebagai bahan core lantai ramah lingkungan

Bahan terdiri dari serbuk plastik PP-HDPE (50%:50%) dan sabut kelapa dengan perbandingan Vf serat 30% hingga 70%, dicampur  menggunakan mixer dengan  putaran  250 rpm selama 60 menit. Pada saat pencampuran ditambahkan isopropil alkohol, sebesar 0,5 wt%. Serbuk PP-HDPE dan sabut kelapa yang telah bercampur, selanjutnya dioven selama 10 menit dengan temperatur 60 °C. Selanjutnya dicetak dalam mesin hot press pada tekanan  30 bar,  temperatur 120 °C dan variasi rasio fraksi volume awal hingga akhir selama 10 menit. Pengujian impak standar untuk material plastik adalah dengan memakai ASTM D-5941. Bentuk spesimen persegi panjang dengan ukuran panjang 80 ± 0,2 mm, lebar 10 ± 0,2 mm dan tebal 4,0 ± 0,2 mm. Kekuatan impak dihitung dari energi tumbukan dibagi dengan luas penampang spesimen, dengan satuan kJ/mm2. Pengujian impak dimulai dari fraksi volume serta 30% sampai dengan 70%, masing masing dilakukan 6 kali ulangan.

Hasil penelitian komposit PP-HDPE dan sabut kelapa menunjukkan bahwa optimumnya energi serap komposit Serbuk PP-HDPE dan Serat Sabut  Kelapa adalah indikasi kesesuaian ideal serat-matrik sehingga komposit mempunyai sifat ketangguhan impak paling tinggi, ketangguhan impak optimal terjadi pada fraksi volume serat sabut kelapa 40%, perilaku patahan yang bersamaan pada Vf 40% antara serat sabut kelapa-matrik HDPE-PP mengindikasikan bahwa serat dan matrik memiliki interaksi ikatan yang kuat, analisa SEM terhadap terhadap karakteristik interaksi kekuatan ikatan Serat Sabut  Kelapa menunjukkan semakin besar Vf akan menampilkan semakin banyaknya fiber pull out, tetapi terhadap Vf = 40% menunjukkan patahan mempunyai kecenderungan bersama antara matrik dan serat sehingga dapat diindikasikan interaksi ikatan yang kuat.

Kata kunci : PP-HDPE dan sabut kelapa, fraksi volume, core lantai

Poster Seminar Hasil Penelitian

Paparan Seminar Hasil Penelitian

Paparan Seminar Hasil Penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar